Analis Jabatan Siap Pertengahan Tahun

Laporkan Formasi Ideal Kebutuhan PNS

Analis Jabatan Siap Pertengahan Tahun
Analis Jabatan Siap Pertengahan Tahun
JAKARTA - Kebutuhan sekitar 4.200 analis jabatan diupayakan bisa segera terpenuhi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menargetkan, pertengahan tahun ini para analis yang akan menyiapkan analisa jabatan di setiap kementerian/ lembaga (K/L) dan pemerintah daerah itu sudah siap.

Analis tersebut diperlukan untuk memberikan data mengenai kebutuhan formasi pegawai negeri sipil (PNS) yang ideal, efisien, dan efektif. Sebanyak 4.200 analis itu akan dibagi pada 600 kementerian/ lembaga, pemprov, pemkab, dan pemkot, yang rata-rata akan diisi tujuh analis. Namun jumlah itu bisa menyesuaikan dengan sesuai dengan strutur dan pegawai yang akan dianalisa.

"Kami harus didik analis ini paling lama bulan Juni," kata Menteri PAN-RB Azwar Abubakar. Dia mengharapkan, selanjutnya para analis sudah bisa terjun melaksanakan tugasnya. "Diharapkan bulan tujuh itu sudah kasih peta jabatan," sambungnya.

Dari peta jabatan itu, nantinya baru diberikan formasi berdasarkan kebutuhan akan jabatan dan standar kompetensi. Kementerian juga akan membuat testing secara nasional dengan lembaga-lembaga yang kredibel. "Tujuannya, yang formasi diberikan itu berdasarkan riil dari birokrat dan yang diterima orang yang berpotensi untuk lowongan itu dengan cara yang fair," urai menteri asal Aceh itu.

JAKARTA - Kebutuhan sekitar 4.200 analis jabatan diupayakan bisa segera terpenuhi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News