Analisis Ekonom soal Kans Indonesia Jadi Raja Mobil Listrik, Luar Biasa

Analisis Ekonom soal Kans Indonesia Jadi Raja Mobil Listrik, Luar Biasa
PT PLN (Persero) berkomitmen akan mengawal keandalan pasokan daya listrik KHLM Battery Indonesia. Ilustrasi-Presiden Jokowi mengecek mobil listrik, Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom INDEF Tauhid Ahmad menilai Indonesia berpeluang menguasai industri mobil listrik global di masa mendatang.

Dia mengatakan Indonesia memenuhi sejumlah prasyarat untuk jadi yang terdepan di sektor ini. Salah satunya adalah memiliki sumber baterai listrik dari turunan nikel.

“Setahu saya sumber biaya yang paling mahal dari mobil listrik soal komponen baterai listrik. Karena satu ini kita punya daya saing,” kata Tauhid.

Pemerintah telah membentuk PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) yang merupakan gabungan dari PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero)/Inalum alias MIND ID, anak usahanya ANTM, Pertamina dan PLN.

Selain itu, kata dia, pemerintah sudah memiliki roadmap infrastruktur mobil listrik. “PLN sudah punya SPLU (stasiun pengisian listrik umum) itu akan dibangun sampai tahun berapa, itu kan berarti infrastruktur dasarnya kita sudah punya,”katanya.

Tauhid menambahkan, melihat tren, data dari Gaikindo pengguna mobil listrik makin banyak dan dunia pertumbuhannya juga cepat. “Artinya pasarnya besar,” katanya.

IBC, sebagai holding perusahaan baterai di Indonesia, rencananya juga telah menyiapkan pengembangan bisnis, baik di ekosistem EV Battery maupun Electric Vehicle.

Pengembangan ekosistem Electric Vehicle ini menjadi salah satu kunci untuk mendukung program percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Tanah Air.

Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan produksi mobil listrik

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News