Analisis Pengamat: Ganjar Mampu Kuasai Panggung Debat Capres Secara Keseluruhan

Analisis Pengamat: Ganjar Mampu Kuasai Panggung Debat Capres Secara Keseluruhan
Capres RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo saat debat capres di KPU, Selasa (12/12) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik, Ari Junaedi menilai calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo sangat menguasai panggung debat capres-cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12/2023).

Menurut dia, Ganjar selalu memberikan jawaban yang sangat tegas dan substansial sesuai dengan pertanyaan panelis.

“Secara keseluruhan saya melihat bahwa yang paling unggul dalam debat kemarin adalah 03. Jawaban-jawabannya tegas, pernyataannya membumi, karena berdasarkan hasil rangkaian perjalanan sewaktu kampanye,” kata Junaedi saat dihubungi, Rabu (13/12/2023).

Dia menyebut Ganjar tidak hanya menyampaikan gagasannya kepada publik, tetapi juga menunjukkan kinerja yang selama ini sudah dilakukan.

Pengalaman Ganjar selama dua periode di DPR-RI dan dua periode menjabat Gubernur Jateng, menjadikannya capres yang paling berkapasitas dan tepat untuk menyelesaikan permasalahan bangsa.

“Kalau 03 ini dibandingkan dengan yang lain, dia mempunyai penguasaan dalam hal data. Nah, kalau 02 ini kan tidak bermain data. Hanya bermain sesuai dengan pertanyaan yang disiapkan sehingga dengan mudah terjawab, baik 03 maupun 01,” kata dia.

Selain mengutarakan gagasan dalam visi misinya, Ganjar juga mengangkat isu di kalangan masyarakat, sekaligus memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Misalnya, ketika sedang kampanye di Merauke, Ganjar bertemu pendeta yang merangkap menjadi tenaga kesehatan.

“Ini menunjukkan bahwa yang paling paham persoalan adalah 03. Dan yang menariknya ketika 03 menyampaikan data, bahwa potensi korupsi selama sepuluh tahun ini ada sekitar di angka Rp 230 triliun yang sebanding jika dipakai untuk membangun 27 ribu puskesmas, gitu kan? Nah, ini kan kuatnya data yang dimiliki oleh 03,” kata pria yang juga Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama itu.

Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi menilai Ganjar Pranowo mampu menguasai debat capres secara keseluruhan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News