Analisis SMRC soal Kenaikan Elektabilitas Partai Golkar, Ada 3 Faktor

Analisis SMRC soal Kenaikan Elektabilitas Partai Golkar, Ada 3 Faktor
Partai Golkar jelang Pilpres 2024. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti SMRC Saidiman Ahmad mengungkapkan ada tiga hal yang memicu kenaikan elektabilitas Partai Golkar dalam beberapa bulan terakhir.

Salah satunya adalah kepemimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto yang mampu membuat partai beringin itu solid.

"Pertama, secara internal, Golkar cukup solid di bawah pimpinan Airlangga Hartarto. Kedua, Golkar memang nampak cukup konsisten bergerak melalui media-media luar ruang. Saya duga ini lumayan mendongkrak memori kolektif warga tentang Golkar, di mana pada saat yang sama, partai lain belum banyak bergerak," ujar Saidiman.

Hasil survei SMRC menunjukkan kenaikan elektabilitas Partai Golkar, dari 8,4% pada Maret 2020 menjadi 11,3% pada September 2021.

"Ketiga, Golkar sejauh ini juga sangat solid mendukung program pembangunan ekonomi dan pemulihan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan itu dirasakan manfaatnya oleh publik luas," imbuhnya.

Sementara itu Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto juga mulai mengalami kenaikan popularitas, meski elektabilitasnya masih jauh dari harapan.

Saidiman menilai peningkatan ini tak lepas dari peran Airlangga sebagai tokoh sentral dalam upaya pemerintah memerangi Covid dan memulihkan ekonomi.

"Selain ada kampanye media luar ruang yang massif, Airlangga Hartarto memang menjadi tokoh sentral pemulihan ekonomi dan kesehatan," kata Saidiman.

Hasil survei SMRC menunjukkan kenaikan elektabilitas Partai Golkar, dari 8,4% pada Maret 2020 menjadi 11,3% pada September 2021

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News