Anas Terima Gelar 'Kapita Fora Madiyahi'

Anas Terima Gelar 'Kapita Fora Madiyahi'
Anas Terima Gelar 'Kapita Fora Madiyahi'
TERNATE– Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum mendapat kejutan ketika melakukan kunjungan ke Kedaton Kesultanan Ternate, Jumat (24/9) lalu.  Mantan Ketua Umum PB HMI ini dianugerahi gelar adat "Kapita Fora Madiyahi" dari Kesultanan Ternate. Penganugerahan dilakukan langsung oleh Sultan Ternate Mudaffar Syah.    

Dalam pelantikan dan penganugerahan gelar tersebut diikuti dengan penyampain sumpah (Rorasa). Usai pembacaan Rorasa, Sultan Mudaffar menanyakan kesiapan Anas untuk dilantik sebagai bagian dari Kesultanan Ternate, serta kesediaan memangku gelar adat  Kapita Fora Madiyahi. Setelah menyatakan kesediaannya, Anas pun dipakaikan pakaian kesultanan dan tuala (sejenis topi) oleh Sultan Mudaffar.

Usai penyematan gelar adat kesultanan Ternate tersebut, kepada wartawan yang menemuinya, Anas mengaku cukup kaget karena sebelumnya tidak diberitahu akan diberikan gelar  tersebut. “Sebelumnya saya tidak diberitahu akan diberikan gelar Kapita Fora Madiyahi ini karena kedatangan saya ke kedaton hanya untuk bersilaturahmi,” kata mantan anggota KPU ini.

Anas yang datang bersama istri dan sejumlah fungsionaris DPP PD mengatakan, kepercayaan sultan yang telah memberikan gelar tersebut kepadanya akan dijaga dan dirinya akan menjadi bagian dari masyarakat Ternate dan bagian secara nasional untuk terus menjaga kearifan sejarah bangsa. “Kearifan sejarah dan budaya harus terus dihidupkan sebagai bagian khasanah bangsa sebagai aset sejarah untuk kemajuan bangsa,” pungkas Anas.

TERNATE– Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum mendapat kejutan ketika melakukan kunjungan ke Kedaton

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News