Ancaman Invasi China Makin Nyata, Amerika Siap Pasang Badan untuk Taiwan?

Ancaman Invasi China Makin Nyata, Amerika Siap Pasang Badan untuk Taiwan?
Amerika Serikat telah menyetujui penjualan sistem rudal Patriot ke Taiwan. Foto: Reuters

jpnn.com, TAIPEI - Tahun 2021 menandai ketegangan yang semakin meningkat dalam hubungan China dengan Taiwan, pulau yang hanya dipisahkan selat selebar 180 km dengan daratan China.

Dunia khawatir situasi keamanan di Selat Taiwan bakal semakin keruh lalu memantik konflik senjata yang mengundang keterlibatan negara-negara lain, terutama Amerika Serikat dan sekutunya.

Sejak awal tahun, pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen telah menawarkan diri untuk berdialog dengan China asalkan Beijing bersedia menghindari konfrontasi.

Konfrontasi yang dimaksud Tsai adalah meningkatnya aktivitas militer China, termasuk operasi jet-jet tempur di atas Selat Taiwan dalam beberapa bulan sebelumnya.

Tawaran dialog Tsai ditolak mentah-mentah oleh China yang menyebutnya sebagai "tipu muslihat". Beijing menilai akar masalahnya bukan pada dialog, tapi keengganan Taiwan untuk mengakui bahwa mereka adalah bagian tak terpisahkan dari China.

Sejak terpilih pertama kali sebagai pemimpin Taiwan pada 2016, Tsai dipandang oleh Beijing sebagai separatis yang berniat memerdekakan Taiwan dari China.

Misi berkali-kali oleh angkatan udara China di Selat Taiwan adalah respons kemarahan Beijing terhadap hubungan Washington dengan Taipei yang kian mesra.

China menganggap dukungan Amerika Serikat, termasuk penjualan senjata ke Taiwan sejak era Presiden Donald Trump, sebagai modal awal bagi Taipei untuk memperjuangkan kemerdekaannya.

Seorang panglima AS di Indo-Pasifik mengatakan China akan berusaha menginvasi Taiwan dalam satu dekade mendatang

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News