JPNN.com

Ancaman Perang Terbuka di Laut Tiongkok Selatan, Syarief Hasan Minta RI Siaga

Kamis, 28 Januari 2021 – 09:54 WIB
Ancaman Perang Terbuka di Laut Tiongkok Selatan, Syarief Hasan Minta RI Siaga - JPNN.com
Wakil Ketum DPP Partai Demokrat Syarief Hasan. Foto: Boy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Laut Tiongkok Selatan kembali dalam situasi menegangkan pascamunculnya rencana pengerahan kapal induk Inggris ke sana.

Kapal perang induk dengan nama HMS Queen Elizabeth tersebut direncanakan akan menjalani misi operasional pertamanya di perairan Laut Tiongkok Selatan.

Sebelumnya, Amerika Serikat juga telah mengirimkan dua kapal induknya USS Nimitz dan USS Ronald Reagan ke Laut Tiongkok Selatan untuk menjalani latihan tempur.

Tak cuma dua kapal induk, Angkatan Laut AS juga mengerahkan dua kapal penjelajah dan dua kapal perusak dalam latihan yang digelar pada pertengahan 2020.

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan mendorong pemerintah RI untuk siap siaga di perairan Natuna Utara.

Pasalnya, ia menegaskan, Laut Natuna Utara berbatasan langsung dengan Laut Tiongkok Selatan yang tengah diperseterukan negeri tirai bambu, AS, dan beberapa negara lainnya.

Menurut Syarief, perhatian ini penting mengingat perairan Natuna Utara merupakan wilayah terluar Indonesia yang mesti dipertahankan.

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memastikan seluruh wilayah, termasuk wilayah terluar di perairan Natuna Utara dalam kondisi aman," kata Syarief dalam keterangannya, Kamis (28/1).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...