Anda Gemar Bersepeda? Simak Nih Imbauan dari Kepala BSN

Anda Gemar Bersepeda? Simak Nih Imbauan dari Kepala BSN
Kegiatan bersepeda dengan melakukan sosialisasi menggunakan produk berstandar SNI. FOTO: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya mengimbau masyarakat untuk menggunakan sepeda yang memiliki label SNI. Hal ini untuk melindungi masyarakat yang gemar bersepeda.

"Sekarang olahraga sepeda sudah jadi gaya hidup warga Jakarta. Anak-anak juga senang main sepeda. Namun, ada baiknnya menggunakan sepeda yang sudah ada SNI-nya. Karena ada tahapan pengujian sebelum suatu produk mendapatkan sertifikat SNI," kata Bambang di sela Funbike yang diikuti ribuan peserta di Jakarta, Minggu (14/5).

Dia menambahkan, kesadaran masyarakat menggunakan barang ber-SNI masih rendah. Padahal, produk ber-SNI lebih terjamin kualitas dan keamanannya.

"Orang tua yang anak-anaknya senang bersepeda, tolong belikan buah hatinya sepeda ber-SNI," ujarnya.

Ada beberapa standar yang ditetapkan BSN atas sepeda. Yaitu persyaratan keselamatan desain, perakita, cara uji sepeda utuh atau bagian dari sepeda utuh, persyaratan buku petunjuk yang harus ada untuk sepeda.

Standar ini menurut Bambang, berlaku uintuk sepeda roda dua yang memenuhi salah satu syarat mempunyai ketinggian sadel pada posisi tertinggi 635 mm atau lebih, atau untuk dipergunakan di jalan raya.(esy/jpnn)


Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya mengimbau masyarakat untuk menggunakan sepeda yang memiliki label SNI. Hal ini untuk melindungi


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News