Andai Bung Karno Masih Hidup, Mungkin Beliau Bangga sama Jokowi

Andai Bung Karno Masih Hidup, Mungkin Beliau Bangga sama Jokowi
Michael Umbas saat bersama Presiden Jokowi. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memindahkan ibu kota negara ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur mendapat apresiasi dari Direkrur Anak Bangsa Juara Michael Umbas.

"Pemindahan ini menjadi bukti bahwa Pak Jokowi seorang pemimpin yang visioner, pendobrak, mau keluar dari zona nyaman sekaligus cermin sikap sebagai negarawan," kata Umbas di Jakarta, Senin (26/8).

Umbas meyakini mantan gubernur DKI Jakarta itu tidak berpikir untuk kepentingan lima tahunan, melainkan jangka panjang. Sehingga, generasi bangsa masa depan akan menuai manfaat pemindahan ibu kota.

"Keberanian Pak Jokowi memindahkan ibu kota juga menunjukkan komitmen beliau terhadap perubahan. Karena beliau bilang beban DKI Jakarta dan Pulau Jawa sudah begitu berat," jelas Umbas.

BACA JUGA: Tok Tok Tok... Inilah Lokasi Ibu Kota Baru RI Pilihan Jokowi

Menurut Umbas, suami Iriana tersebut juga menginginkan adanya pemerataan pembangunan nasional bersifat Indonesia sentris. Terlebih Indonesia merupakan bangsa yang besar dan sudah 74 tahun merdeka, tetapi belum pernah menentukan dan merencanakan ibu kota sendiri.

"Pengumuman ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur bisa dikatakan sebagai hadiah di momen kemerdekaan Indonesia. Andai Bung Karno masih hidup, beliau yang dulu menggagas ide ini pasti bangga," kata Umbas.

Dia menambahkan, karena Presiden ketujuh RI tersebut sudah bersurat kepada ketua DPR, Umbas berharap dukungan politik terus memgalir untuk mendukung rencana besar ini.

Michael Umbas menilai, keberanian Jokowi memindahkan ibu kota menunjukkan komitmen terhadap perubahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News