Andai Jadi Capres PKB, JK Tak Akan Keluar dari Golkar

Andai Jadi Capres PKB, JK Tak Akan Keluar dari Golkar
Andai Jadi Capres PKB, JK Tak Akan Keluar dari Golkar

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla menyatakan bahwa dirinya tidak akan keluar dari partai yang pernah dipimpinnya itu sekalipun nanti akan diusung menjadi calon presiden (capres) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Saat ini, politisi yang dikenal dengan inisial JK itu bersama Rhoma Irama dan Mahfud MD merupakan bakal capres PKB.

"Saya tidak akan pindah partai politik kalau saya nantinya diusung oleh partai politik di luar Golkar untuk maju sebagai calon presiden," kata JK menjawab pertanyaan peserta seminar bertema "Menciptakan Lembaga Kepresidenan yang Efektif dan Efisien untuk Kesejahteraan Rakyat" yang diselenggarakan Fraksi PKB MPR di Jakarta,  Senin (2/12).

JK menjelaskan, ideologi partai politik dewasa ini semuanya sama. Menurutnya, sistem multipartai tahun 1950 yang sangat berbasis ideologi, berbeda dengan multipartai saat ini.  era lima puluhan dulu.

Selain itu, JK juga menjelaskan tentang koalisi dan oposisi dalam sistem presidensil. Idealnya, kata Wapres RI periode 2004-2009 itu, pemerintah mengumpulkan sejumlah partai politik untuk membangun sebuah kekuatan koalisi di pemerintahan.

Sedangkan Partai yang berada di luar koalisi itu disebut oposisi. "Tapi dalam kenyataannya, kok ada lagi oposisi dalam sebuah koalisi," ungkap JK. (fas/jpnn)


JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla menyatakan bahwa dirinya tidak akan keluar dari partai yang pernah dipimpinnya itu sekalipun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News