Andrea Hirata Mulai Merintis Kampung Laskar Pelangi

Dirikan Rumah Baca, Ajak Warga Melek Pengetahuan

Andrea Hirata Mulai Merintis Kampung Laskar Pelangi
Andrea Hirata.
Setelah lima tahun merintis, penulis novel Laskar Pelangi Andrea Hirata akhirnya bisa mewujudkan mimpinya. Yakni, sebuah rumah baca yang diperuntukkan bagi warga di kampung halamannya, Bangka Belitung.

THOMAS KUKUH, Belitung Timur

PASAR rakyat di Desa Linggang Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, mendadak ramai akhir pekan lalu. Perhatian para pengunjung pasar terpusat pada berbagai pertunjukan di depan salah satu stan pasar itu. 

Puisi rakyat khas masyarakat Melayu, tari-tarian, hingga live music soundtrack Laskar Pelangi yang dibawakan pengurus desa setempat seakan membius para pengunjung hingga tak beranjak dari tempatnya. Mulai pukul 19.00 hingga 21.00, mereka tetap setia duduk bersimpuh di bekas lapangan tenis itu.    

Stan tempat digelarnya pertunjukan memang sangat berbeda dengan yang lain. Berukuran sekitar 3 x 4 meter, bangunan yang terbuat dari kayu itu dipenuhi buku bacaan. Buku-buku itu tidak dijual, tapi ditata seperti di perpustakaan.

Setelah lima tahun merintis, penulis novel Laskar Pelangi Andrea Hirata akhirnya bisa mewujudkan mimpinya. Yakni, sebuah rumah baca yang diperuntukkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News