Aneh, Sudah Pensiun Masih Tempati Posisi Penting di Polri

Aneh, Sudah Pensiun Masih Tempati Posisi Penting di Polri
Aneh, Sudah Pensiun Masih Tempati Posisi Penting di Polri
JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) mempersoalkan  tiga pejabat Polri yang sudah pensiun tapi masih tetap menjabat. Menurut Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, hal itu menunjukkan betapa buruknya reformasi birokrasi di tubuh polri.

"Akibatnya sistem kaderisasi dan manajemen SDM Polri menjadi amburadul," kata Neta di Jakarta, Senin (14/5). Tiga pejabat yang dimaksud Neta adalah Wakabareskrim Irjen (Pol) Bekto Suprapto, Wairwasum Irjen (Pol) Hasyim Iriyanto, serta  Kapolda DIY Brigjen (Pol) Polisi Tjuk Basuki (Mei). Bekto dan Hasyim memasuki pensiun pada April lalu. Sedangkan Tjuk Basuki pensiun pada Mei ini.

"Di era orde baru, tiga bulan sebelum pensiun pejabat Polri dimutasi untuk MPP (masa persiapan pensiun). Tapi di era reformasi, pejabat Polri yang sudah pensiun malah masih menjabat," kata penulis buku 'Jangan Bosan Mengkritik Polisi' itu.

Karenanya, IPW mengingatkan Kapolri agar segera melakukan mutasi untuk mengganti pejabat yang sudah  pensiun tersebut. Neta menilai, keteledoran Polri dalam manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) sebenarnya bukan kali ini saja terjadi. Menurutnya, pada 2011 Kabaintelkam Komjen Wachjono yang sudah pensiun 15 April 2011 dibiarkan tetap menjabat hingga akhir Mei.

JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) mempersoalkan  tiga pejabat Polri yang sudah pensiun tapi masih tetap menjabat. Menurut Ketua Presidium

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News