JPNN.com

Aneh, Tiap Tahun Puluhan Ribu Guru PNS Pensiun tapi DAU Naik

Selasa, 11 Desember 2018 – 14:11 WIB
Aneh, Tiap Tahun Puluhan Ribu Guru PNS Pensiun tapi DAU Naik - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA -  

JAKARTA-- Mendikbud Muhadjir Effendy mengungkapkan rasa herannya dengan jumlah dana alokasi umum (DAU) yang setiap tahun menunjukkan grafik peningkatan. Dirasakan aneh, lantaran setiap tahun ada puluhan ribu guru PNS yang pensiun. Sementara kursi kosong yang ditinggal pensiunan guru tidak terisi akibat moratorium rekrutmen CPNS.

Kekosongan guru PNS itu justru diisi honorer yang sumber gajinya dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Itu berarti tidak masuk dalam DAU gaji guru.

"Saya heran, DAU kok naik terus dari Rp 153 triliun, tahun depan menjadi Rp 168 triliun. Sedangkan jumlah gurunya kan menurun. Tahun ini guru yang pensiun 42 ribu, tahun depan malah 54 ribu," ujar Menteri Muhadjir dalam diskusi pendidikan di Kantor Kemendikbud, Senin (10/12).

Dia melanjutkan, guru honorer harusnya digaji dari DAU. Namun, karena bukan PNS, diambil dari dana alokasi khusus (DAK) non fisik. Yang seharusnya digunakan untuk operasional sekolah, dialihkan bagi guru honorer, sehingga jadi tidak optimal. Ini menurut Menteri Muhadjir yang harus diperbaiki.

"Mestinya Mendikbud punya power untuk mengontrol agar dana itu digunakan sesuai rencana. Itu yang tidak kami punya, karena di bawah Kemendagri dan Kemenkeu," ucapnya.

Sejatinya, lanjut Muhadjir, kalau hibah tidak jadi masalah karena sudah ada komite. Namun, perlu ada pengawasan agar dana hibah ini tepat sasaran.

Anggaran afirmasi Kemendikbud yang diambil Rp 35 triliun, kemudian dari dana transfer (DAU, DAK) dan APBD bisa fokus pada perbaikan sekolah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo