Anggap Program Jokowi-JK Lebih Realistis Dibanding Prabowo-Hatta

Anggap Program Jokowi-JK Lebih Realistis Dibanding Prabowo-Hatta
Anggap Program Jokowi-JK Lebih Realistis Dibanding Prabowo-Hatta


JAKARTA - Direktur Eksekutif IndoStrategi Research and Consulting, Andar Nubowo membandingkan  visi, misi dan program kerja pasangan calon presiden. Menurutnya, visi, misi dan program kerja yang ditawarkan duet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) lebih realitis dibanding pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Andar mengatakan, visi dan misi Jokowi-JK didasari pada ancaman kedaulatan negara, korupsi, pelanggaran hak asasi manusia (HAM),  intoleransi dan lemahnya kepribadian bangsa. Sementara visi, misi dan program kerja pasangan calon presiden Prabowo-Hatta dianggap kurang realistis terhadap persoalan bangsa.

 "Visi misinya (Prabowo-Hatta, red) tidak berpijak pada realita yang ada. Ini mimpi tanpa konteks problema Indonesia," kata Andar saat diskusi bertema “Solusi Masalah ala Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK" di gedung DPD, Senayan Jakarta, Rabu (4/6).

Andar menambahkan, pasangan Jokowi-JK sepertinya tahu persis tentang persoalan yang akan dihadapi Indonesia. Sementara Prabowo-Hatta, kata Andar, kurang memperhatikan persoalan yang akan dihadapi Indonesia ke depannya.

 "Visi misi Jokowi-JK lebih realitas aktual, Prabowo-Hatta bagaikan mimpi tanpa pijakan," tegasnya.

Meski demikian dosen di UIN Syarif Hadyatullah itu tetap mengkritisi visi dan misi dua pasang capres dari sudut kebijakan luar negeri. "Prabowo-Hatta tidak bikin breakdown yang lebih jelas, misalnya konflik Laut China Selatan dan perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Sementara pasangan capres nomor urut 2 (Jokowi-JK) hanya menganggapnya harus dibicarakan lagi," ungkapnya.

Andar juga mengungkap titik lemah dari visi misi Jokowi-JK. "Kelemahan Jokowi-JK lebih pada konseptual. Janji-janji tidak dalam bentuk angka-angka sehingga sulit diukur. Tapi yang lebih penting dari sekedar visi misi adalah bagaimana nantinya negara ini diselenggarakan?" pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Direktur Eksekutif IndoStrategi Research and Consulting, Andar Nubowo membandingkan  visi, misi dan program kerja pasangan calon presiden.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News