Anggaran KL Asal Serap

Anggaran KL Asal Serap
Anggaran KL Asal Serap
JAKARTA--Imbauan gerakan penghematan yang dilontarkan Presiden SBY, sepertinya tidak direspon dengan baik oleh Kementrian Lembaga (K/L). Pasalnya, diketahui saat ini KL justru berlomba-lomba melakukan penyerapan anggaran.

“Jadi upaya penghematan malah jadi bumerang jadi ini tipikal birokrasi kita, karena ketika ada instruksi penghematan tapi apa yang terjadi semenjak akhir Maret semua K/L berlomba-lomba melakukan penyerapan anggaran. Sifatnya  cepat terserap seperti rapat, workshop maupun tugas dinas di luar kota,”ujar Pengamat Ekonomi Indef Enny Sri Hartati di Jakarta, Senin (9/4).

Gencarnya penyerapan anggaran yang cepat pada awal April ini, tambahnya, didorong rasa takut dari K/L anggarannya dipotong lebih besar dalam rangka penghematan anggaran untuk menombok subsidi. Pasalnya, alokasi anggaran yang dipotong merupakan alokasi dari K/L yang penyerapannya rendah, akhirnya karena ingin kinerja anggarannya dibilang baik maka penyerapan anggaran pun digenjot lebih cepat untuk kegiatan yang jauh dari meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Jadi supaya masing-masing K/L tidak dipotong besar maka penyerapan anggaran dilakukan tapi tidak sesuai, mustinya anggarannya bisa berimplikasi langsung ke masyarakat,”tandasnya.

JAKARTA--Imbauan gerakan penghematan yang dilontarkan Presiden SBY, sepertinya tidak direspon dengan baik oleh Kementrian Lembaga (K/L). Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News