Anggaran Pendidikan Tersedot untuk Gaji Guru

Anggaran Pendidikan Tersedot untuk Gaji Guru
Anggaran Pendidikan Tersedot untuk Gaji Guru
JAKARTA – Tahun depan APBN mengalokasikan Rp 286,6 triliun untuk pendidikan. Dana sebesar itu setara dengan 20 persen dari total APBN. Sayang, sebagian besar dana itu habis untuk gaji dan tunjangan guru.

Penggunaan dana pendidikan dibagi menjadi beberapa bagian. Di antaranya untuk kucuran dana bantuan operasional sekolah (BOS) Rp 23,6 triliun. Tunjangan profesi guru PNS daerah mencapai Rp 30,6 triliun. Pemerintah juga menyiapkan sekitar Rp 2,9 triliun untuk tunjangan guru-guru yang belum lulus sertifikasi.

Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo menuturkan, komposisi atau porsi anggaran gaji dan tunjangan guru mencapai 55 persen dari total anggaran pendidikan. ’’Sisanya baru untuk peningkatan mutu pendidikan dan dibagi lagi dengan proyek-proyek pembangunan,’’ terangnya.

Pria yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Provinsi Jawa Tengah itu menjelaskan, pernyataan Presiden SBY saat gebyar Hari Guru Nasional beberapa waktu lalu perlu dikoreksi. Menurut Sulistyo, pernyataan SBY saat bahwa anggaran pendidikan tahun depan naik adalah tidak tepat. Pemerintah harus memecah anggaran gaji dan tunjangan guru dari pos anggaran fungsi pendidikan.

JAKARTA – Tahun depan APBN mengalokasikan Rp 286,6 triliun untuk pendidikan. Dana sebesar itu setara dengan 20 persen dari total APBN. Sayang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News