Anggota Brimob Pakai Rompi Antipeluru dan Bersenjata Sontak Siaga di Pintu Masuk Polda

Anggota Brimob Pakai Rompi Antipeluru dan Bersenjata Sontak Siaga di Pintu Masuk Polda
Personel Brimob Polda Kalteng latihan penanganan orang tidak dikenal (OTK) yang diduga hendak melaksanakan teror terhadap personel, di Mako Polda Kalteng pada Sabtu (3/4/2021). Foto: ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Sejumlah anggota Brimob memakai helm, rompi antipeluru, dan bersenjata lengkap tampak menghadang seseorang di pintu masuk markas komando (Mako) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pemandangan tersebut merupakan bagian dari latihan penanganan orang tidak dikenal (OTK) di penjagaan pintu masuk polda setempat, untuk mengantisipasi ancaman terjadinya serangan teroris secara tiba-tiba.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo diwakili Dansat Brimob Polda setempat Kombes Pol Bambang Widjanarko Baiin, mengatakan selain mengantisipasi aksi teror, kegiatan itu melatih personel agar lebih siap dalam mengamankan markas apabila secara mendadak terjadi ancaman atau teror.

"Penanganan OTK dalam hal ini tidak hanya dilakukan oleh personel Satbrimob di Kota Palangka Raya, tetapi juga dilakukan seluruh jajaran mako yang ada di Satbrimob Polda Kalteng," kata Bambang.

Dia mengatakan dengan latihan tersebut diharapkan personel tidak kebingungan dan bisa bergerak cepat apabila terjadi hal-hal yang ditakuti akan terjadi.

Personel diharapkan selalu siap untuk mengantisipasi teror kemungkinan dilakukan orang tidak dikenal yang dengan sengaja pengin menyerang markas di wilayah hukum Polda Kalteng.

"Dengan latihan ketika ada OTK, personel akan sigap berbuat sesuai dengan aturan yang berlaku. Apabila membahayakan personel dan orang sekitarnya, maka anggota akan memberi tindakan tegas dan terukur," lanjut Bambang.

Sebelumnya, personel Polda Kalteng yang piket melaksanakan penjagaan di pintu masuk gerbang utama Polda Kalteng sudah memberlakukan pemeriksaan ketat terhadap setiap tamu yang membawa barang ke Mako Polda Kalteng.

Sejumlah anggota Brimob memakai helm, rompi antipeluru, dan bersenjata lengkap tampak menghadang seseorang di pintu masuk Mako Polda Kalteng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News