Anggota DPR Ini Menilai Jokowi Sangat Serius Mewujudkan Kemajuan UMKM

Anggota DPR Ini Menilai Jokowi Sangat Serius Mewujudkan Kemajuan UMKM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Rabu (30/11/2022). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Adisatrya Suryo Sulistio menilai Presiden Joko Widodo sangat serius dalam mewujudkan kemajuan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal itu terbukti dengan masifnya pemerintah melakukan pendampingan hingga pelatihan kepada para UMKM.

Adi mengatakan pendampingan dan pelatihan yang terus digalakkan pemerintah merupakan bukti keberpihakan Jokowi pada UMKM.

Selain itu, Adi menuturkan pemerintah juga membantu ketersedian akses pasar bagi produk-produk buatan UMKM.

“Kita lihat sekarang ada pendampingan dan pelatihan untuk UMKM. Penjualan dan akses pasarnya juga diperhatikan. Saya rasa ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah (Jokowi) pada UMKM,” ujar Adi.

Dia juga memuji gerak cepat Jokowi dalam mendorong para UMKM untuk bertransformasi ke digital, agar produk-produk lokal tersebut mampu bersaing di kancah global.

“Digitalisasi yang didorong oleh Pak Jokowi sangat penting untuk pelaku usaha. Digitalisasi akan membuat jangkauan lebih luas sehingga produk-produk atau jasa yang dihasilkan UMKM itu lebih bisa tersebar luas dan tepat,” ucap Adi.

Adi menilai langkah Jokowi yang melibatkan bank-bank BUMN untuk turut serta membantu permodalan bagi UMKM, sangat terukur.

Digitalisasi yang didorong oleh Pak Jokowi sangat penting untuk pelaku usaha, agar produk-produk mereka bisa tersebar luas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News