Anggota F-PD Pernah Jadi Notaris KS

Anggota F-PD Pernah Jadi Notaris KS
Anggota F-PD Pernah Jadi Notaris KS
JAKARTA - Partai Demokrat terus dihubung-hubungkan dengan polemik seputar penawaran pertama (IPO/initial public offering) PT Krakatau Steel. Terungkap, bahwa salah satu anggota fraksi terbesar di parlemen itu, Soetjipto, ternyata juga pernah menjadi notaris salah satu BUMN unggulan tersebut.

Anggota Komisi III DPR itu tercatat sebagai notaris PT Krakatau Steel pada 2008. Yaitu, pada masa-masa awal proses IPO dimulai. Sutjipto baru tidak aktif menjadi notaris setelah dirinya terpilih menjadi anggota DPR hasil Pemilu 2009 lalu. "Ya, saya pernah jadi notaris PT Krakatau Steel," kata Sutjipto di Gedung DPR, Jakarta, kemarin (30/11). Namun, dia buru-buru menambahkan, kalau keberadaannya sebagai notaris tidak berhubungan sama sekali dengan kebijakan-kebijakan kliennya dalam penentuan harga, dan semacamnya.

Sebagai notaris, dirinya juga tidak tahu-menahu soal isu penjatahan saham PT Krakatau Steel. Termasuk, adanya partai politik atau oknum parpol yang berusaha meminta jatah pembelian saham. "Apa yang dilakukan seorang notaris, sesuai dengan profesinya, jadi sama sekali tidak masuk masalah komersial," tegasnya.

Dia menyebutkan, selama mendampingi PT Krakatau Steel, dirinya hanya terlibat dalam pembuatan perjanjian-perjanjian, termasuk dengan pihak pembeli saham. "Saya buat ketentuan hukuim, ubah AD/ART PT KS (Krakatau Steel, Red), membuat perjanjian dengan underwriter (penjamin sekuritas, Red), yang begitu-begitu lah," imbuh Sutjipto.

JAKARTA - Partai Demokrat terus dihubung-hubungkan dengan polemik seputar penawaran pertama (IPO/initial public offering) PT Krakatau Steel. Terungkap,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News