Angin Puting Beliung Menerjang OKU Sumsel, Puluhan Rumah Warga Rusak Berat

Angin Puting Beliung Menerjang OKU Sumsel, Puluhan Rumah Warga Rusak Berat
Angin puting beliung menerjang ratusan rumah warga di Kabupaten OKU pada Kamis pukul 14.30 WIB. Foto: ANTARA/Edo Purmana/22

jpnn.com, BATURAJA - Angin puting beliung menerjang Kecamatan Baturaja Barat dan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, pada Kamis (13/10) sekitar pukul 14.30 WIB.

Akibat kejadian itu, puluhan rumah warga mengalami rusak berat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa mengatakan titik lokasi bencana alam ini meliputi Desa Saung Naga, Desa Kemilau Baru dan Desa Tanjung Baru.

Bencana alam yang disebabkan hujan deras disertai angin kencang ini merusak 89 unit rumah warga hingga mengalami rusak berat dan ringan dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

"Bahkan ada satu unit rumah warga yang rata dengan tanah dan satu pohon tumbang akibat puting beliung," katanya di Baturaja, Kamis.

Meskipun tidak ada korban jiwa, kata dia, akibat bencana alam ratusan kepala keluarga terpaksa mengungsi ke tempat aman guna mengantisipasi bencana susulan.

Dia mengemukakan, saat ini pihaknya sudah menerjunkan personel dan menurunkan alat berat guna membersihkan bekas material rumah yang runtuh akibat diterjang angin puting beliung.

BPBD OKU juga melakukan pemantauan cuaca BMKG 1x24 jam dan meneruskan peringatan dini kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana susulan.

Angin puting beliung menerjang Kecamatan Baturaja Barat dan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, pada Kamis (13/10) siang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News