Angkasa Pura II Bakal Sinergikan Bandara Husein Sastranegara dan Kertajati

Angkasa Pura II Bakal Sinergikan Bandara Husein Sastranegara dan Kertajati
Beberapa pesawat sedang terparkir. Foto Ilustrasi/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II menyiapkan Bandara Kerjati untuk melayani penerbangan pesawat jet, baik itu berbadan sedang (narrow body) atau berbadan lebar (wide body).

Perseroan juga tengah mewujudkan sinergitas antara dua bandara di Jawa Barat, yakni Bandara Husein Sastranegara di Bandung dan Bandara Kertajati di Majalengka. 

Meski begitu, diakui Dirut AP II Muhammad Awaluddin saat ini memang masih terdapat kendala yang dihadapi Kertajati, yakni perihal aksesibiitas. 

“Tapi, ketika jalan tol Cisumdawu selesai, masyarakat dari kawasan Bandung Raya, Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan akan lebih mudah dan nyaman berangkat dari Bandara Kertajati. Juga bila jalan tol elevated Jakarta-Cikampek sudah beroperasi maka calon penumpang pesawat dari Bekasi, Cikarang, Karawang, diperkirakan lebih memilih berangkat dari Bandara Kertajati dibandingkan misalnya dari Bandara Halim Perdanakusuma atau Bandara Soekarno-Hatta” ujar Awal.

Awal menuturkan ini merupakan konsep yang dibangun Angkasa Pura II dalam mengelola Kertajati, Husein Sastranegara, Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta sebagai bandara-bandara yang terintegrasi dalam konteks operasi kebandarudaraan.

Operasional keempat bandara tersebut, jelas Awal difokuskan pada konsep integrated multi-airport system.

“Konsep integrated multi-airport system ini membuat keempat bandara saling mendukung, di mana traffic penumpang dan penerbangan terdistribusi dengan baik di antara empat bandara tersebut," jelasnya.

Pada akhirnya, konsep integrated multi-airport system ini juga mendukung pengembangan area megapolitan di Jawa Barat hingga Jabodetabek.(chi/jpnn)

Ini merupakan konsep yang dibangun Angkasa Pura II dalam mengelola Kertajati, Husein Sastranegara, Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta sebagai bandara-bandara yang terintegrasi dalam konteks operasi kebandarudaraan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News