Rabu, 15 Agustus 2018 – 12:20 WIB

Angkat Isu Alien, Tiga Pelajar Indonesia Juara Dunia Debat

Senin, 06 Agustus 2018 – 00:05 WIB
Angkat Isu Alien, Tiga Pelajar Indonesia Juara Dunia Debat - JPNN.COM

jpnn.com - Tiga pelajar Indonesia meraih prestasi membanggakan, manyabet gelar juara lomba debat level internasional. Mereka sukses menggondol 38 medali (30 emas, 8 perak) dan tiga piala di ajang The World Scholar's Cup Global Round 2018, Barcelona.

Mesya Mohamad - Jakarta

ADALAH Putri Aimee Srijaya, Erin Michelle, dan Nadya Annabelle Lummy. Tiga pelajar ini mengikuti lomba serupa untuk yang kedua kalinya. Namun, tahun ini, ketiganya sukses besar karena bisa menyaingi 2.100 peserta dari 57 negara.

Menariknya, untuk persiapan ke Barcelona, ketiga siswa yang masih duduk di kelas III SMP National High Jakarta School ini hanya butuh waktu satu bulan.

Putri yang merupakan ketua tim debat mengungkapkan, dalam sebulan mereka mempelajari enam topik yang akan dilombakan. Mereka melakukan riset, menuliskan opininya, didiskusikan, dan siap didebat.

"Saat lomba di Barcelona, tim kami dapat topik soal keberadaan alien di bumi. Ini tema yang cukup sulit karena manusia tidak pernah tahu apa dan bagaimana itu alien. Berbeda dengan perang, yang sudah jelas gambarannya seperti apa," tutur Putri di Jakarta, Minggu (5/8).

Beruntung Putri dan timnya (Nadya dan Erin) punya daya imajinasi tinggi sehingga mereka bisa memertahankan argumennya soal keberadaan alien dengan dunia yang kalut.

Diceritakan Putri yang lahir 26 September 2004, dalam lomba world scholar's mereka tidak hanya dituntut jago debat tapi juga harus mampu menulis, scholar's bowl, dan scholar's challenge.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar