Angklung’s Day 2019 Resmi Dibuka di Gedung Sate

Angklung’s Day 2019 Resmi Dibuka di Gedung Sate
Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Daud Achmad membuka Angklung’s Day Tahun 2019 di Halaman Gedung Sate Kota Bandung. (Foto: Humas Jabar))

jpnn.com, BANDUNG - Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Daud Achmad membuka Angklung’s Day Tahun 2019 di Halaman Gedung Sate Kota Bandung, Minggu (24/11/19) dengan menggetarkan angklung bersama para 6.000 pelajar TK-SMA dari 133 grup angklung se-Jabar.

Daud menilai, Angklung’s Day dengan melibatkan para pelajar se-Jabar ini merupakan kegiatan positif untuk melestarikan angklung.

“Saya yakin mereka akan terpatri di hatinya bahwa angklung ini adalah betul-betul musik tradisional Indonesia khususnya musik tradisional yang berada di Jawa Barat,” kata Daud.

Daud pun yakin melalui momentum Angklung’s Day kelestarian alat musik yang dibuat dari bambu ini bisa lestari bahkan berkembang tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia.

Pasalnya, Daud berujar angklung pun mampu memainkan nada-nada musik internasional seperti lagu dari daerah negara Afrika Selatan, Mexico, Jepang, Australia dan Brazil.

Selain itu, Daud juga meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jabar untuk lebih getol memperkenalkan angklung termasuk di tempat wisata.

“Saya yakin di unit-unit sekolah biasanya itu ada grup angklung, nah grup angklung ini harus kita rawat. Bagaimana cara merawatnya? Tampilkan mereka di hotel-hotel khususnya di hotel-hotel yang biasa menampung (khususnya) wisatawan mancanegara,” kata Daud.

“(Tampil) seperti itu saya alami sendiri pada saat SMP, kebanggaan buat anak-anak dan sampai saat ini pun saya apresiasi, saya menghormati angklung, dan ingin terus melestarikan,” tambahnya.

Daud menilai, Angklung’s Day dengan melibatkan para pelajar se-Jabar ini merupakan kegiatan positif untuk melestarikan angklung.

Sumber Jabar Ekspres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News