Angkutan Massal Minimalisasi Kecelakaan

Angkutan Massal Minimalisasi Kecelakaan
Angkutan Massal Minimalisasi Kecelakaan

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi V DPR Marwan Jafar prihatin dengan tingginya angka kecelakaan pada saat mudik. Terutama untuk pengendara sepeda motor.

Menurut Marwan, tingginya angka kecelakaan itu karena belum ada angkutan massal yang memadai untuk pemudik. "Belum tersedianya angkutan massal seperti kereta api yang aman, nyaman dan murah," ujar Marwan kepada wartawan, Selasa (6/8).

Marwan menjelaskan, angkutan massal merupakan solusi untuk meminimalisasi kecelakaan pada saat mudik. "Pemerintah harus menyediakannya," ucapnya.

Selain itu Marwan menyatakan, harus digalakkan kepada masyarakat supaya beralih menggunakan angkutan umum seperti bus dan kereta api. Namun tetap harus diperhatikan segi keamanannya. "Faktor keamanan harus nomor satu," kata Ketua DPP PKB itu.

Seperti diketahui, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Ronny F Sompie mengatakan, dari data kecelakaan pada H-6, H-5 dan H-4, Polri mencatat sebanyak 119 orang tewas di jalan raya. Menurut Ronny, faktor penyebab kecelakaan, kebanyakan karena kelelahan dan kelalaian para pengemudi.

"Jadi kita lihat peran dari sepeda motor cukup banyak terhadap kasus-kasus kecelakaan lalu lintas. Karena itu, pengemudi sepeda motor memang sangat rentan. Kami menyarankan untuk tidak membawa sepeda motor untuk arus mudik ini," katanya. (gil/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi V DPR Marwan Jafar prihatin dengan tingginya angka kecelakaan pada saat mudik. Terutama untuk pengendara sepeda motor. Menurut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News