HUT Ke-491 Jakarta

Anies Ajak Dubes Negara Sahabat Minum Bir Pletok

Anies Ajak Dubes Negara Sahabat Minum Bir Pletok
Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengundang sejumlah duta besar negara sahabat dalam perayaan HUT Ke-491 Jakarta di Balai Kota DKI, Jumat (22/6).

Dalam perayaan ini, Anies sempat mengajak mereka meminum bir pletok khas Betawi.

"Untuk Jakarta yang lebih makmur, bersahabat, dan berkesinambungan," kata Anies sambil mengangkat bir pletok.

Sontak seluruh duta besar negara sahabat mengangkat gelas lalu meminum bir pletok itu. Mereka menikmati minuman itu bersama-sama.

Pada kesempatan itu pula, Anies menjelaskan sejarah lahirnya bir pletok di Indonesia. Menggunakan bahasa Inggris, Anies menyampaikan bir pletok lahir karena tidak mau kalah dengan konsumsi bir saat penjajahan Belanda.

Hanya saja, kata Anies, bir mengandung alkohol sehingga masyarakat Jakarta tidak bisa mengonsumsinya.

"Akhirnya mereka membuat bir versi lokal yang terbuat dari rempah-rempah. Pas minum ini terasa rasa rempah-rempah dan nama pletok karena saat dikasih es batu bisa berbunyi pletok-pletok jadi disebut bir pletok," ucap Anies disambut gelak tawa para duta besar.

Sementara Sandi mengatakan, pihaknya sengaja mengundang para duta besar negara sahabat untuk menunjukkan keseriusan Jakarta membangun ekonominya.

Pemprov DKI Jakarta mengundang sejumlah duta besar negara sahabat dalam perayaan HUT Ke-491 Jakarta di Balai Kota DKI, Jumat (22/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News