Anies Ajukan Moratorium Penggusuran

Anies Ajukan Moratorium Penggusuran
Pasangan calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menggelar kampanye di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (7/1). Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (7/1), kondisinya hampir rata dengan tanah.

Sejak penggurusan di bawah kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta oleh Basuki Tjahaja Purnama pada April 2016 lalu, kampung yang mayoritas dihuni nelayan itu, tinggal puing-puing bangunan.

Calon Gubernur DKI Anies Baswedan mengaku prihatin setelah melihat kondisi warga Kampung Akuarium. Dia bahkan mengajukan moratorium kepada Plt Gubernur Sumarsono untuk menunda segala aktivitas penggusuran.

"Ini untuk kesekian kalinya kami menyaksikan. Karena itu, kami meminta Plt sekarang untuk melakukan moratorium, jangan ada penggusuran. Kedua, begitu kami terpilih jadi gubernur, maka salah satu yang akan kami kerjakan adalah me-review semua rencana penggusuran," kata Anies saat kampanye di depan rakyat Kampung Akuarium.

Anies menjamin, ketika terpilih nanti, akan menghapuskan semua rencana penggusuran di atas tanah DKI.

"Mana rencana yg memang untuk kebutuhan publik dan rencana yang bukan untuk kepentingan publik. Semua rencana itu harus dilaksanakan sesuai prinsip keadilan, tidak merugikan warga, dan memberi keuntungan bagi semua," jelasnya.

Menurutnya, pemerintah harus mengayomi dan menjamin kesejahteraan warganya. Bukan malah berpihak pada investor dengan dalih pembangunan.

"Tujuan kami membuat semua warga bahagia, bukan hanya memajukan kota," tegas Anies.

 Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (7/1), kondisinya hampir rata dengan tanah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News