Anies Baswedan Singgung Bendera saat Upacara Kemerdekaan

Anies Baswedan Singgung Bendera saat Upacara Kemerdekaan
Anies Baswedan saat upacara kemerdekaan RI di Lapangan Banteng, Jumat (17/8). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara HUT ke-73 RI di Lapangan Banteng, Jumat (17/8). Dalam upacara ini, Anies sempat mengungkit perjuangan masa lalu para pahlawan dalam mengibarkan bendera.

"Pagi ini, kami mengibarkan bendera hanya dibutuhkan waktu tiga menit hingga bendera itu naik ke puncak. Tetapi, pertama kali bendera ini dikibarkan diperlukan waktu puluhan tahun, dedikasi, kerja keras dan hibah nyawa untuk bendera ini bisa naik pertama kali," kata Anies dalam sambutannya.

Anies mengatakan, tak terasa Indonesia menginjak usia 73 tahun. Namun, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini menganggap bahwa perayaan tahunan ini bukan mudah didapat.

"Kemerdekaan itu pun tidak diraih dengan waktu yang singkat. Kemerdekaan diraih melalui perjuangan yang amat panjang dimulai dari kemerdekaan dalam pikiran," kata Anies.

Dia juga mengingatkan perjuangan Budi Utomo yang berjuang meletakkan pondasi pergerakan kebangsaan.

"Hari ini, semua itu terbukti akumulasi usaha merekalah yang mendorong Indonesia merdeka. Mari, ingat semangat para penggerak kemerdekaan ini bahwa mereka mengawali perjuangan dengan gagasan dan berpikir untuk jangka panjang bahkan melampaui masa hidupnya," kata Anies. (tan/jpnn)


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara kemerdekaan RI di Lapangan Banteng.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News