Anies Baswedan Terima Nakasone Award

Anies Baswedan Terima Nakasone Award
Anies Baswedan Terima Nakasone Award
JAKARTA - Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan kembali mengukir prestasi membanggakan berskala internasional. Dia baru saja menerima Nakasone Award dari the Institute for International Policy Studies (IIPS) Jepang. Penghargaan yang cukup bergengsi di Negeri Sakura tersebut diterima Senin lalu (28/6) dalam acara penganugerahan yang berlangsung di Ana Intercontinental Hotel, Tokyo, Jepang.

"Ini bukti perhatian terhadap Indonesia dari hari ke hari semakin besar dan bukti mereka melihat betul yang tengah dikerjakan di kampus Paramadina," kata Anies saat dihubungi tadi malam (29/6). Pemberian award itu dilakukan sendiri oleh Yasuhiro Nakasone yang sekarang telah berusia 92 tahun. Yasuhiro Nakasone adalah perdana menteri (PM) Jepang periode 1982-1987 yang sangat populer di eranya. Bersama Ronald Reagan, Nakasone sempat membangun poros untuk menghadapi pengaruh Uni Soviet. Sosoknya semakin dihormati publik Jepang karena dinilai mampu mengembalikan nasionalisme bangsanya di pusaran dunia internasional.

Nakasone kini adalah chairman IIPS Jepang. Nakasone Award merupakan program rutin lembaga tersebut sejak 2005. Setiap tahun mereka memberikan award kepada empat tokoh muda lintas dunia yang berusia 40-an tahun. Penerima Nakasone Award asal Indonesia sebelumnya adalah peneliti CSIS Rizal Sukma (2005) dan Dekan ISI Denpasar Wayan Karya (2006).

Lantas, apa yang menyebabkan Anies menjadi salah seorang penerima Nakasone Award tahun ini? "Saat memperkenalkan saya, mereka menyebutkan beberapa hal," kata Anies. Dia dianggap aktif dalam mempromosikan ide-ide baru di Indonesia dan luar negeri. Selain itu, Anies giat berpartisipasi dalam membangun saling pengertian lintas negara, terutama pada era sesudah terjadinya ketegangan antara Timur dan Barat.

JAKARTA - Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan kembali mengukir prestasi membanggakan berskala internasional. Dia baru saja menerima Nakasone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News