Anies Bertemu Dubes Korsel, Ini yang Dibahas

Anies Bertemu Dubes Korsel, Ini yang Dibahas
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) saat bertemu dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Park Tae-sung di Balai Kota DKI, Jumat (4/3). Foto : dokumentasi Pemprov DKI Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Park Tae-sung di Balai Kota DKI, Jumat (4/3).

Selain untuk mempererat hubungan antara Korea Selatan dan Indonesia, khususnya Seoul-Jakarta, keduanya juga membahas beberapa potensi kerja sama.

Potensi kerja sama antara Jakarta dengan Korea Selatan di antaranya adalah transportasi, elektrifikasi mobilitas, penyediaan sistem penyediaan air minum, dan pengelolaan air limbah, serta pengelolaan sampah organik menjadi pupuk dari pasar-pasar di bawah naungan Pasar Jaya.

“Kami berharap, bisa melihat menu pembangunan di Jakarta yang mungkin bisa dieksplor untuk kerja bersama dengan Korsel. Karena Jakarta memiliki rencana untuk meningkatkan transportasi umum, pemukiman, pengelolaan air, dan elektrifikasi mobilitas,” kata Anies dalam keterangannya.

Anies Baswedan menyebutkan, sistem kereta api listrik di Jakarta, yakni MRT dan LRT juga merupakan hasil studi di Korea Selatan.

Selain itu, belajar dari negara Ginseng tersebut, Jakarta juga berupaya bisa mengelola limbah dengan baik.

“Kami sedang dorong bus-bus kami (TransJakarta) untuk bertransformasi menjadi bus listrik, dan kerja sama dengan Pasar Jaya. Kami ingin semua pasar limbah organiknya bisa diolah menjadi komoditas yang berguna. Kalau boleh ini dipercepat karena bisa menjadi percontohan di masa depan,” kata Anies.

Dalam pertemuan ini, alumni Universitas Gadjah Mada itu juga menyampaikan terima kasih kepada mendiang Wali Kota Seoul, Park Won-soon yang membantu Jakarta pada saat awal penanganan pandemi melanda.

Selain untuk mempererat hubungan antara Korsel dan Indonesia, khususnya Seoul-Jakarta, Anies dan Park Tae-sung membahas beberapa potensi kerja sama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News