Anies Dinilai Telah Menunjukkan Kapasitasnya di Debat Ketiga

Anies Dinilai Telah Menunjukkan Kapasitasnya di Debat Ketiga
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan saat debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1).Dalam waktu dekat mereka bakal beradu gagasan pemberantasan korupsi di KPK. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Debat ketiga capres untuk Pilpres 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah rampung. Ketiga kontestan, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo telah menunjukan performa terbaiknya.

Sekretaris Nasional Gerakan Nusantara atau Anak Muda Satu Nusa Satu Suara untuk AMIN, Raihan Muhammad Akmal, menilai Anies Baswedan berhasil menunjukkan kapasitasnya. 

Raihan menuturkan, Anies Baswedan telah menunjukkan pemahaman yang baik terkait isu hankam dan geopolitik dengan menekankan strategi smart defense, bukan hanya aspek alutsista dan teknologi. Tetapi juga aspek SDM, local wisdom dan kebudayaan.

"Smart defense ini ternyata sangat penting untuk kita pahami dan jalankan sebagai suatu strategi efektif era kekinian dalam konteks hankam dan politik luar negeri," ungkap Raihan Muhammad Akmal dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/1).

Menurut Raihan, hanya Anies Baswedan yang secara kongkret menyatakan agar Indonesia harus memimpin di setiap forum-forum internasional, misalnya negara Selatan Selatan. Itu dilakukan untuk berdialog dengan negara-negara Utara menyelesaikan berbagai persoalan global.

"Bicara soal positioning Indonesia dalam forum internasional, Anies menawarkan gagasan bahwa Indonesia harus lebih kongkret," katanya.

Raihan menuturkan Anies tidak ingin Indonesia hanya menjadi partisipan pasif dalam setiap forum besar.

Apalagi Indonesia terkenal dengan jumlah populasi terbesar keempat dan negara yang mayoritas muslim yang menjalankan demokrasi.

Sekretaris Nasional Gerakan Nusantara untuk AMIN, Raihan Muhammad Akmal, menilai Anies Baswedan berhasil menunjukkan kapasitas dalam debat ketiga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News