Anies Hanya Percaya Survei Sendiri

Anies Hanya Percaya Survei Sendiri
Anies Baswedan. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak ambil pusing dengan hasil riset sejumlah lembaga survei yang menempatkannya pada posisi terakhir dalam Pilkada Jakarta.

Anies mengatakan dalam pencalonannya sebagai Gubernur Jakarta, ia hanya merujuk pada survei internal.

"Kita pun punya internal survei yang menggunakan sampel yang sangat besar, sehingga kita tahu sampai wilayah-wilayah kecil mana saja yang harus jadi perhatian kita, kita akan fokus di situ " katanya.

Namun Anies enggan membeberkan hasil survei internalnya tersebut. Ia mengatakan hasil survei internal hanya untuk acuan tim pemenangan dalam menjalankan strategi kampanye. Hanya saja menurut Anies dari survei internal menunjukkan kampanye yang dilakukan selama ini menghasilkan tren positif.

"Kita melihatnya dalam survei itu ada tren, kita lihat angka tren dan kita merasa nyaman," ‎katanya.

Ia pun mengaku tidak risau dengan hasil-hasil survei tersebut. Anies mengatakan pernah bekerja sebagai peneliti pada lembaga riset sehingga mengetahui bagaimana cara membacanya. Dalam hasil survei sejumlah lembaga, menurut Anies, sampel yang digunakan sedikit dan angka Margin of Error-nya tinggi.

"Sampelnya berapa sih? Kira-kira margin error-nya berapa? Semua yang ngerti survei pasti tahu bahwa margin error-nya besar sekali, artinya kalau selisihnya masih dalam margin of error, sama sebetulnya," pungkas Anies.

Sebelumnya hasil riset terakhir lingkaran Survei Indonesia 14 Desember lalu‎ menempatkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga uno di posisi ketiga dengan 23,6 persen.

JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak ambil pusing dengan hasil riset sejumlah lembaga survei yang menempatkannya pada posisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News