Anies Hormati Megawati dan PDIP yang Tolak 3 Periode Jokowi

Anies Hormati Megawati dan PDIP yang Tolak 3 Periode Jokowi
Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin (Timnas AMIN) Surya Tjandra di Rumah Pemenangan AMIN, Jakarta, Jumat (12/1/2024). (ANTARA/Khaerul Izan)

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin (Jubir Timnas AMIN) Surya Tjandra menyebut capres nomor urut satu pada Pemilu 2024, Anies Baswedan menghormati PDI Perjuangan dan Megawati Soekarnoputri.

Sebab, PDIP dan Megawati dengan tegas menolak wacana perpanjangan masa jabatan atau tiga periode Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Surya menyebut PDIP merupakan partai besar yang pada momen-momen tertentu bisa hadir mengawal demokrasi dan menjadi pedoman moral.

Sehingga dia pun mengaku menghormati partai yang kini mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai capres-cawapres itu.

"Harus diakui pada momen-momen tertentu Ibu Mega hadir mengawal, menjadi pedoman moral kita," kata Surya dikutip dari Antara, Jumat (12/1).

Terkait masa depan koalisi dalam Pilpres 2024, menurutnya hal tersebut masih terlalu dini untuk dibahas. Pihaknya pun menurutnya masih menunggu proses Pilpres 2024 hingga hari pencoblosan pada 14 Februari.

Di samping itu, dia mengaku memiliki banyak rekan di kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3. Menurutnya, ada kesamaan pembicaraan dengan kubu tersebut yakni soal cara mengawal demokrasi di Indonesia.

"Biasa aja kami ngobrol-ngobrol kan banyak aktivis HAM di 03, yang mantan Komnas HAM, aktivis pergerakan sosial, mahasiswa juga banyak," katanya.

Anies Baswedan sempat mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-51 kepada PDIP melalui akunnya di Instagram. Ucapan itu pun direspons oleh kubu tersebut, baik oleh Ganjar Pranowo dan sejumlah petinggi PDIP.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga bakal pasangan capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Capres nomor urut satu pada Pilpres 2024, Anies Baswedan menghormati keputusan PDIP dan Megawati Soekarnoputri yang menolak tiga periode Presiden Jokowi.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News