Anies Jadi Pembicara Diskusi Bareng Obama, Persiapannya Cukup Tidur Saja

Anies Jadi Pembicara Diskusi Bareng Obama, Persiapannya Cukup Tidur Saja
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan menjadi salah satu pembicara pada Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta, Sabtu (1/7). Anies dijadwalkan sebagai pembicara dalam panel diskusi yang juga dihadiri mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu mengaku sudah lama dekat dengan Diaspora Indonesia. Menurut Anies, banyak yang bisa dilakukan rakyat Indonesia untuk memajukan pembangunan bangsa.

"Saya mengikuti terus sejak awal. Sejak kongres, kami tentu ingin agar saudara-saudara sebangsa yang berada di luar Indonesia bisa kontribusi untuk pembangunan," ujarnya kepada wartawan di Kota Kasablanka, Sabtu (1/7).

Anies menambahkan, dulu semua berpandangan bahwa orang Indonesia harus berada di negeri sendiri untuk berkontribusi pada pembangunan nasional. Padahal, kata dia, membantu pembangunan Indonesia bisa dilakukan di mana saja.

"Bahkan di berbagai institusi dunia ikut melobi jadi wakil-wakik Indonesia dalam memenangkan kepentingan bangsa di dunia internasional," jelasnya.

Anies juga mengapresiasi kongres yang dihadiri Obama itu. Menurutnya, semua hal itu akan memberikan pesan positif bagi bahwa Indonesia salah satu negeri demokratis yang aman.

Sedangkan untuk diskusi panel, Anies mengaku tak memiliki persiapan khusus. "Saya sendiri akan panel, enggak ada yang disiapkan khusus. Tak seperti debat (saat pilkada DKI, red), hanya cukup tidur saja. Dan saya bersyukur," kata Anies.

Menurutnya, siapa saja warga negara Indonesia di mana saja akan tetap bangga dengan merah putih. Anies lantas menganalogikannya seperti naik pesawat terbang.

Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan menjadi salah satu pembicara pada Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta, Sabtu (1/7). Anies dijadwalkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News