Anies Janji Bangun Kampung Haji Indonesia di Arab Saudi

Anies Janji Bangun Kampung Haji Indonesia di Arab Saudi
Anies Baswedan bersama UBN. Foto: Tim Media AMIN

jpnn.com - JAKARTA - Anies Baswedan mengatakan bahwa perlu perubahan pandangan untuk mulai menjadikan ibadah haji dan umrah sebagai investasi jangkan panjang yang dikerjakan negara.

Menurut capres bernomor urut 1 itu, haji dan umrah akan selalu ada sampai kapan pun.

"Dalam jangka panjang, haji dan umrah Indonesia itu tidak ada batas usianya. Selama belum kiamat, masih ada jemaah Indonesia dikirim ke sana," ujar Anies dalam dialog bertajuk “Haji untuk Semua” bersama Bachtiar Nasir di Al Azhar Jakarta, Kamis (8/2).

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu lalu memperkenalkan Kampung Haji di Arab Saudi sebagai bagian investasi jangka panjang yang dimaksud. Kawasan yang memfasilitasi seluruh kebutuhan haji maupun umrah untuk rakyat Indonesia.

"Setiap tahun, ada haji ada umrah, kenapa (pemerintah) tak memiliki sumber daya untuk bisa membangun di sana. Kalau punya Kampung Haji, maka harapannya bisa menjadi tempat terdepan dan bisa lingkar usaha usaha milik bangsa Indonesia. Sekarang los saja uang tak kembali," ujarnya.

Selain menjadi kawasan penginapan yang bisa dihuni oleh jemaah dari Indonesia, Kampung Haji akan menjadi etalase budaya bahkan beragam kuliner dan hal-hal lain berbau Indonesia bisa ditampilkan di sana.

"Bayangkan kampung ini bisa menampung jemaah bisa dari umrah bisa haji. Di sana juga akan menjadi tempat bagi UMKM khusunya makanan Indonesia atau hal-hal yang berbau budaya Indonesia, serta akan memberikan semua pelayanan yang dibutuhkan," katanya.

Kehadiran Kampung Haji nantinya diharapkan juga akan menjadi penggerak ekonomi dan representasi Indonesia di tanah suci, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak mengirim jemaah haji.

Bayangkan, Kampung Haji ini bisa menampung jemaah, bisa dari umrah bisa haji. Di sana juga akan menjadi tempat bagi UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News