Anies: Masjid Paling Banyak Gunakan Air, Sisa Wudu Harus Dikembalikan ke Tanah

Anies: Masjid Paling Banyak Gunakan Air, Sisa Wudu Harus Dikembalikan ke Tanah
Anies Baswedan di Masjid Cut Nyak Dien, Menteng. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pesan penting terkait pengelolaan air kepada pihak pengurus Masjid Cut Nyak Dien, Menteng, Jakarta Pusat. Menurut Anies, masjid harus bisa ramah lingkungan, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini.

“Kalau musim hujan itu artinya curah hujan intensif, kemarau tidak. Masjid adalah salah satu tempat yang paling banyak menggunakan air, karena itu saya berharap masjid di Jakarta menjadi masjid ramah lingkungan,” ujar Anies dalam acara peresmian Masjid Cut Nyak Dien yang baru selesai direnovasi, Minggu (1/3).

Adapun yang dimaksud Anies terkait penggunaan air adalah wudu yang biasa dilakukan sebelum salat.

"Mengambil dan mengembalikan air. Airnya diambil dari tanah, karena itu selesai wudu airnya kembalikan ke tanah. Insyaallah masjid ini bisa dijadikan contoh masjid ramah lingkungan,” tambah Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menambahkan, apabila hal itu bisa dilakukan, maka Masjid Cut Nyak Dien bakal menjadi contoh bagi masjid lain di Jakarta.

“Sehingga ketika masjid di Jakarta kalau mau cari contoh bisa datang ke Masjid Cut Nyak Dien,” kata Anies.

Selain Anies, peresmian Masjid Cut Nyak Dien turut dihadiri Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Syafruddin. (cuy/jpnn)

Heboh! Ahmad Dhani Cium Pipi Maia

Anies Baswedan berharap Masjid Cut Nyak Dien, Menteng, menjadi masjid yang ramah lingkungan.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News