Survei SPIN:

Anies-Sandi Melejit Jauh Tinggalkan Ahok-Djarot

Anies-Sandi Melejit Jauh Tinggalkan Ahok-Djarot
Pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil riset terbarunya terkait elektabilitas pasangan calon peserta Pilkada DKI.

Survei yang dilaksanakan pada 24-26 Januari itu meletakkan Anies Baswedan–Sandiaga Uno sebagai paslon dengan elektabilitas tertinggi. Dari 1102 responden, sebesar 41,74 memilih pasangan nomor urut tiga tersebut.

Sementara petahana Ahok-Djarot tertinggal cukup jauh di posisi kedua dengan 30,04 persen. Diikuti pasangan Agus-Sylvi dengan 24,95 persen.

“Dan hanya 3,27 persen yang masih belum menentukan,” ujar Direktur SPIN Igor Dirgantara saat merilis hasilnya, Rabu pagi (8/2).

Igor menambahkan, hasil survei itu menunjukkan bahwa keunggulan pasangan Anies-Sandi sangat dipengaruhi solidnya dukungan pemilih warga DKI Jakarta.

Terutama mereka yang saat Pilpres 2014 mendukung pasangan Prabowo-Hatta. Ada 50.9 persen responden yang memilih Prabowo, sementara 48,46 persen memilih Jokowi.
“Suaranya kuat,” ujarnya.

Tak hanya itu, Anies-Sandi juga unggul di semua kelompok usia pemilih. Pasangan Agus-Sylvi hanya menang atas pasangan Ahok-Djarot di kelompok usia pemilih 17-24 tahun.
Sedangkan untuk pilihan responden berdasarkan jenis kelamin, persaingan cenderung lebih ketat di segmen pemilih perempuan, sementara di segmen pemilih laki-laki, Anies-Sandi yang lebih unggul.

Survei dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling dan margin error hanya tiga persen. (dil/jpnn)


 Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil riset terbarunya terkait elektabilitas pasangan calon peserta Pilkada DKI.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News