Begini Curhat Pedagang Buah Pasar Kramatjati ke Anies

Begini Curhat Pedagang Buah Pasar Kramatjati ke Anies
Cagub DKI Anies Baswedan. Foto: Ist

jpnn.com - jpnn.com -Hampir 20 tahun, Naim (40) menjadi pedagang mangga di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur. Namun, baru 2 tahun terakhir ini ia merasakan berkurangnya penjualan buah-buahannya.

Hal inilah yang kemudian dikeluhkannya kepada Cagub Anies Baswedan saat blusukan ke salah satu pusat penjualan buah terbesar di Jakarta tersebut.

"Ini mangga budiraja dari Karawang. Biasanya yang sering mengambilnya (membelinya) itu pedagang kaki lima. Sekarang malah berkurang drastis," keluh Naim sembari memperlihatkan barang dagangannya.

Naim menduga, penjualan mangganya cukup berkurang karena banyak pedagang kaki lima yang terkena penggusuran. "Biasanya membeli lima peti, sekarang cuma tiga sampai empat peti," kata dia.

Menanggapi keluhan tersebut, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menegaskan bahwa pedagang kaki lima memiliki peranan penting dalam roda perekonomian masyarakat. Pemerintah, sambung Anies, harus bisa berpihak pada rakyat kecil.

"Kami mendengar aspirasi bahwa pedagang mangga berkurang penjualannya karena pedagang kaki lima yang biasa membelinya berkurang akibat penggusuran. Karena itu, konsep kami adalah menata bukan menggusur. Kalau pedagang kaki lima itu ditata agar tempatnya nyaman, bersih dan tidak mengganggu pejalan kaki misalnya, maka pedagang kaki lima akan tetap bisa berjualan," terang Anies. (dem/rmol)


Hampir 20 tahun, Naim (40) menjadi pedagang mangga di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur. Namun, baru 2 tahun terakhir ini ia merasakan berkurangnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Sumber RMOLjakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News