Anies-Sandi Perkasa, Saham Saratoga dan Grup MNC Berjaya

Anies-Sandi Perkasa, Saham Saratoga dan Grup MNC Berjaya
IHSG. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilkada DKI 2017 putaran kedua diyakini mendongkrak beberapa saham di lantai bursa.

Misalnya, saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), serta saham grup MNC seperti PT MNC Land Tbk (KPIG), dan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).

Analis senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menyatakan, saham SRTG memiliki likuiditas yang kecil sehingga pergerakannya cederung sideway.

’’Namun, karena pelaku pasar memiliki persepsi kalau Anies-Sandi menang saham-saham SRTG dan grup Saratoga akan naik. Setelah timbul persepsi, mereka beli sehingga sahamnya naik,’’ ujarnya.

Sandiaga sebenarnya telah menjual 39,62 juta lembar saham miliknya di SRTG.

Jumlah itu setara 1,46 persen dari saham SRTG yang beredar.

Banyak pihak yang menduga penjualan saham yang menghasilkan dana Rp 134,73 miliar itu berkaitan dengan dana kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017 yang dijalani Sandi.

Melalui SRTG, Sandi juga telah melepas kepemilikan sahamnya di ADRO. Sebanyak 24,75 juta lembar saham dilego dan menghasilkan dana Rp 41,2 miliar dari transaksi tersebut.

Kemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilkada DKI 2017 putaran kedua diyakini mendongkrak beberapa saham di lantai bursa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News