Anna Hazare Akhiri Mogok Makan setelah 13 Hari

Parlemen India Penuhi Tuntutan, 40 Ribu Aktivis Menyaksikan

Anna Hazare Akhiri Mogok Makan setelah 13 Hari
Anna Hazare Akhiri Mogok Makan setelah 13 Hari
NEW DELHI - Aksi mogok makan yang dilancarkan tokoh anti korupsi Anna Hazare, 74, berakhir kemarin (28/8). Para pendukungnya merayakan kemenangan mereka setelah parlemen setuju memenuhi tuntutan terkait dengan amandemen undang-undang (UU) antikorupsi. Tokoh yang selama ini mengidolakan bapak bangsa India Mohandas K. Gandhi (Mahatma Gandhi) itu mengakhiri mogok makan setelah 13 hari.

Aksi mogok makan yang berlangsung di lapangan Ramlila, pusat Kota New Delhi, tersebut menarik perhatian ribuan orang setiap hari. Gerakan protes meluas di seluruh India untuk mendukung Hazare. Pemerintah pun khawatir kehilangan kepercayaan dari rakyat.

Hazare yang masih terlihat enerjik dan tenang tersebut mengakhiri mogok makan dengan meminum segelas air kelapa dicampur dengan madu. Minuman itu diberikan oleh dua bocah perempuan sebelum dia memberikan pidato yang disiarkan langsung oleh televisi nasional. Sebanyak 40 ribu aktivis antikorupsi dan pendukungnya menyaksikan berakhirnya mogok makan tersebut.

"Parlemen di New Delhi harus tunduk pada kekuatan rakyat. Namun, perjuangan kita belum berakhir di sini," tegas Hazare dengan suara lantang untuk mengakhiri aksi mogok makannya pada hari ke-13. "Kami ingin membuat perubahan di negeri ini dalam kerangka konstitusi," kata dia.

NEW DELHI - Aksi mogok makan yang dilancarkan tokoh anti korupsi Anna Hazare, 74, berakhir kemarin (28/8). Para pendukungnya merayakan kemenangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News