Antara Beyonce Knowles dan Rohana Kudus dalam Pesan Megawati

Antara Beyonce Knowles dan Rohana Kudus dalam Pesan Megawati
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri dalam rapat senat terbuka penganugerahan gelar Dr HC di Padang, Rabu (27/9). Foto: Publicist PDIP for JPNN

jpnn.com, PADANG - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menyinggung nama penyanyi Beyonce Knowles. Megawati menyebut nama penyanyi sekaligus aktris Amerika Serikat itu saat menyampaikan orasi ilmiah pada rapat senat terbuka pengukuhannya sebagai penerima gelar doktor honoris causa (Dr HC) di Universitas Negeri Padang (UNP), Rabu (27/9).

Ketua umum PDI Perjuangan itu menyinggung nama Beyonce untuk mengingatkan para mahasiswa UNP yang hadir dalam rapat senat terbuka itu akan Rohana Kudus, tokoh perempuan asal Sumatera Barat. Megawati menuturkan, Rohana Kudus punya peran penting dalam perjalanan sejarah Indonesia.

Megawati menjelaskan, Rohana merintis sekolah kerajinan untuk kaum perempuan di Koto Gadang, Kabupaten Agam pada 1911. Karena itu, Megawati bertanya ke para mahasiswi UNP yang ada di tribun Auditorium UNP tentang sosok Rohana.

“Rohana Kudus tidak tahu, tapi Beyonce pada tahu, sampai lagunya yang terbaru pun tahu,” ujar Megawati dalam impromptu di sela-sela orasi ilmiahnya.

Tawa pun langsung menggema di Auditorium UNP. Terlihat hadir dalam acara itu antara lain Wapres RI 2009-2014 Boediono, Menko PMK Puan Maharani, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menristekdikti M Nasir, Menkumham Yasonna H Laoly, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Wakapolri Komjen Syafrudin dan Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan.

Megawati juga membeber kiprah Rohana Kudus dalam dua pers Indonesia. Sebab, tokoh kelahiran 20 Desember 1884 itu menjadi pemimpin redaksi Sunting Melayu, sebuah surat kabar pertama bagi kaum perempuan.

Hal yang hendak disampaikan Megawati dalam pidatonya adalah pentingnya perempuan menjadi sosok yang cerdas dan pintar. Rohana Kudus adalah salah satu contoh perempuan Minangkabau yang cerdas.

Putri Proklamator RI Bung Karno itu pun mengajak para mahasiswa di UNP mengikuti jejak Rohana yang mampu tampil sebagai perempuan cerdas dan pintar. “Sudah cantik, pintar pula. Pasti banyak yang nyari,” tutur Megawati lagi-lagi mengundang tawa.(jpg/jpnn)


Megawati Soekarnoputri mengajak mahasiswi Universitas Negeri Padang untuk mengikuti jejak Rohana Kudus yang memelopori pemberdayaan perempuan.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News