Antara Bung Karno, Banyu Biru, Pemuda dan Gempuran Globalisasi...

Antara Bung Karno, Banyu Biru, Pemuda dan Gempuran Globalisasi...
Ketua Komunitas Banteng Muda, Banyu Biru Djarot (tengah) dan Dimas Oky Nugroho (dua kiri) dalam diskusi Peran Pemuda dalam Politik, Nasionalisme dan Ekonomi Kerakyatan. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - DEPOK - Ketua Umum Komunitas Banteng Muda, Banyu Biru Djarot menyerukan bangkitnya Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI). 

Dia berharap, Soekarnois baru muncul dalam menghadapi gempuran globalisasi.

"Dialog ‎dengan berbagai ormas dan melibatkan pemuda sangat penting dilakukan untuk menghidupkan ajaran Bung Karno yaitu Marhaenisme yang kontekstual dengan kekinian ekonomi kerakyatan," ujar Banyu, saat menjadi pembicara dalam diskusi "Peran Pemuda dalam Politik, Nasionalisme dan Ekonomi Kerakyatan", di Depok, Sabtu (5/12) sore.

Diskusi ini digelar oleh ‎GMNI Komisariat FHUI, bekerja sama dengan Komunitas Banteng Muda. Selain Banyu Biru, turut hadir sebagai pembicara: Dimas Oky Nugroho, (pengamat politik yang juga calon Wali Kota Depok)‎, Bono Budi Priambodo (Dosen Hukum Koperasi dan Administrasi Daerah) serta Yahdi Salampessy (Dosen Ilmu Perundang-Undangan Universitas Indonesia).‎

‎"Komunitas Banteng Muda ingin ikut menularkan ajaran Bung Karno dan ingin mencari Bung Muda-Bung Muda dan Sarinah Muda-Sarinah Muda yang Soekarnois, agar berperan aktif dalam politik. KBM mengajak kaum muda untuk memantau proses politik. Seperti yang sedang di depan mata, ya pilkada serentak," papar Banyu.

Banyu berharap GMNI bisa mewarnai kehidupan di kampus-kampus dengan tetap menghindari potensi gesekan. ‎"Ayo GMNI di seluruh Indonesia bangkit, semangat progresif revolusioner jadikan metodologi aksi," pintanya.

Sementara pembicara Dimas Oky yang kebetulan akan ikut berkompetisi di Pilkada Depok mengatakan, ‎diskusi yang digagas oleh GMNI FHUI ini harus menjadi momentum kebangkitan dan kepedulian kaum muda Kota Depok untuk mewujudkan perubahan di kotanya. 

"Bersama para mahasiswa di kampus-kampus di Depok, ayo bangun front kebangsaan dan mendorong terwujudnya Kota Depok sebagai ibu kota anak muda kreatif," ucap Dimas Oky.

DEPOK - Ketua Umum Komunitas Banteng Muda, Banyu Biru Djarot menyerukan bangkitnya Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Gerakan Siswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News