Antasari Semangati Sekolah Darurat

Antasari Semangati Sekolah Darurat
Foto : Anggit/JAWA POS
JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar kemarin blusukan ke Kampung Bandan, Jakarta Utara. Bukan mengejar koruptor, kedatangan mantan jaksa itu tak lain untuk memompa semangat antikorupsi di sekolah informal di kampung tersebut.

Kamis (6/11), Antasari menemui 500 siswa di Sekolah Darurat Kartini, Kampung Bandan. Di sana Antasari menceritakan semangat antikorupsi kepada para siswa yang belajar di sekolah gratis itu. Sekolah Darurat Kartini berdiri sejak 1990. Sekolah itu selalu berpindah-pindah tempat karena terus mengalami penggusuran dari Pemkot Jakarta Utara. Sejak 2007, sekolah itu menempati sepetak lahan di pinggir rel di daerah Kampung Bandan.

"Anak-anakku, jangan persoalkan tempat kalian belajar. Tapi semangatlah yang menjadikan kalian berhasil,’’ ungkapnya. Dalam kesempatan itu, Antasari juga menceritakan kehidupan masa kecilnya yang tidak jauh beda dengan anak-anak di kampung itu. ’’Dulu kehidupan saya di Belitung juga seperti ini,’’ jelasnya.

Gambarannya, persis setting yang ada di film Laskar Pelangi. Dia menceritakan, tidak ada hidup yang diraih dengan mudah. Sejak kelas empat SD, Antasari mengaku berjualan es mambo dan kue di dekat pelabuhan. Meski merupakan dagangan ibunya, dia berusaha tidak menilap uang yang didapatnya dari hasil berjualan itu. ’’Nah, semangat ini namanya kejujuran dan tanggung jawab,’’ jelasnya. Uang hasil pemberian dari berjualan itu  kemudian dikumpulkan, lalu dibelikan kain untuk baju Lebaran.

JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar kemarin blusukan ke Kampung Bandan, Jakarta Utara. Bukan mengejar koruptor,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News