Antisipasi Banjir, 235 Bangunan di Atas DAS Dibongkar

Antisipasi Banjir, 235 Bangunan di Atas DAS Dibongkar
Pemkot Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan pembongkaran bangunan di atas Daerah Aliran Sungai guna mengantisipasi banjir. Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan pembongkaran bangunan di atas Daerah Aliran Sungai (DAS).

Adapun bangunan di atas DAS tersebut bermacam-macam, mulai dari rumah dan tempat usaha.

"Total ada 235 bangunan yang sudah dibongkar, masih banyak bangunan yang belum terbongkar, tetapi kami harus melakukan pendekatan terlebih dahulu dengan masyarakat," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palembang Ahmad Bastari Yusak, Rabu (09/11).

Menurut Bastari, pembongkaran tersebut dilakukan guna mengantisipasi banjir di Kota Palembang.

Karena sesuai dengan prakiraan BMKG Sumsel, bulan November sudah masuk musim penghujan. Sehingga wajib waspadai akan banjir.

"Nah, Pemkot Palembang dituntut untuk melakukan antisipasi penanganan banjir sehingga kami melakukan pembongkaran tersebut," ujar Bastari.

Bastari menilai pencegahan banjir dengan memperbanyak kolam retensi nampaknya belum dapat terealisasi dalam waktu dekat.

"Dengan 46 kolam retensi, penanganan banjir belum maksimal, setidaknya perlu 70 kolam bahkan ratusan, tetapi ini perlu proses," kata Bastari.

Pemkot Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan pembongkaran bangunan di atas Daerah Aliran Sungai guna mengantisipasi banjir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News