Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Sanitize Zone Kini Tersedia di Enam Pasar

Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Sanitize Zone Kini Tersedia di Enam Pasar
Fasilitas Sanitize Zone di enam titik pasar wilayah Jabodetabek. Foto dokumentasi Cap Lang

jpnn.com, JAKARTA - Pasar modern maupun tradisional kini mulai dilengkapi dengan fasilitas kebersihan guna mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19.

Fasilitas tersebut disiapkan pemerintah maupun perusahaan swasta. Seperti dilakukan Cap Lang yang mendirikan fasilitas Sanitize Zone di enam titik pasar wilayah Jabodetabek. 

Sanitize Zone merupakan sebuah fasilitas kebersihan yang menyediakan tempat mencuci tangan, dispenser hand sanitizer dan disinfectant untuk digunakan para pengunjung maupun pedagang pasar secara cuma-cuma. 

Pasar-pasar yang dilengkapi fasilitas tersebut antara lain Pasar Mandiri Kelapa Gading, Pasar Modern BSD, Pasar Fresh Market Galaxy Bekasi, Pasar Kopro, Pasar Kebayoran Lama dan Pasar Graha Bintaro.

Maria Margaretha, brand manager Cap Lang menyebutkan bahwa pasar merupakan tempat yang sangat rawan akan penyebaran virus Corona. 

Untuk diketahui, pada 2020 Satgas Covid-19 mencatat sebanyak 107 pasar menjadi klaster penyebaran Covid-19 dengan 555 orang dinyatakan positif.

Pada Juni lalu, Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) juga mencatat ada 153 kasus baru muncul dari 28 pasar yang ada di berbagai wilayah di Indonesia. 

Menurut Maria, penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum berbelanja masih rendah menjadi faktor penyebab timbulnya klaster penyebaran di pasar.

Fasilitas Sanitize Zone di enam titik pasar wilayah Jabodetabek sebagai antisipasi gelombang ketiga Covid-19 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News