Antisipasi Karhutla di Kalimantan Tengah, Irjen Dedi Kerahkan Motor Pemburu Api

Antisipasi Karhutla di Kalimantan Tengah, Irjen Dedi Kerahkan Motor Pemburu Api
Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo mengerahkan 20 unit sepeda motor pemburu api kepada jajarannya pada Kamis (27/5). Foto: Bid Humas Polda Kalteng

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo mengerahkan 20 unit sepeda motor pemburu api, untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah yang sebagian besar memiliki tanah gambut itu.

"Motor pemburu api ini digunakan sebagai unit reaksi cepat dalam penanganan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang tidak dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda empat," ujar Irjen Dedi, Kamis (28/5).

Menurut Irjen Dedi, sebanyak 20 motor pemburu api itu diserahkan kepada Polres Kobar, Polres Kotim, Polesta Palangka Raya, Polresta Katingan, dan Polres Pulpis, yang memiliki tingkat kerawanan karhutla tinggi.

Jenderal bintang dua Polri itu mengatakan masing-masing Polres mendapatkan dua unit motor. Untuk Ditsamapta dan Satbrimob diserahkan masing masing lima unit motor.

Dedi berharap motor pemburu api itu dapat memberikan kemudahan dan kelancaran kepada jajarannya dalam melaksanakan tugas penanganan karhutla di Kalteng.

Kabid Humas Kombes K Eko Saputro menyampaikan pihaknya juga memberikan kendaraan roda dua Bajaka (Bhabinkamtibmas Penjaga Aksara) yang diperuntukkan kepada 14 Polres jajaran. Kendaraan roda dua Bajaka itu berisikan buku pelajaran untuk SD, SMP, dan SMA.

"Semoga dengan penyerahan motor Bajaka ini dapat memberikan pelayanan kepada anak-anak di desa terpencil sehingga dapat memiliki ilmu pengetahuan yang luas juga," kata Eko.

Hadir dalam kesempatan itu Wakapolda Kalteng Brigjen Ida Oetari Poernamasasi, Irwasda Polda Kalteng Kombes Iman Prijantoro, serta seluruh pejabat utama Polda Kalteng. (tan/jpnn)

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo mengerahkan 20 unit sepeda motor pemburu api kepada jajarannya untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di  Kalteng. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News