JPNN.com

Antisipasi Manuver Ilegal Tiongkok, Polisi Jepang Jaga Ketat Kepulauan Senkaku

Selasa, 03 September 2019 – 04:19 WIB Antisipasi Manuver Ilegal Tiongkok, Polisi Jepang Jaga Ketat Kepulauan Senkaku - JPNN.com
Kepulauan Senkaku yang jadi rebutan Jepang dan Tiongkok. Foto: Kyodo News

jpnn.com, TOKYO - Jepang berencana menempatkan unit polisi khusus bersenjata lengkap di bagian selatan Pulau Okinawa. Langkah itu mengantisipasi manuver Tiongkok di wilayah sengketa Kepulauan Senkaku.

"Dengan asumsi skenario yang meliputi pendaratan ilegal oleh kelompok bersenjata, anggota terlatih yang dilengkapi senapan mesin akan dikerahkan," bunyi laporan NHK tanpa menyebutkan identitas sumbernya.

Senkaku adalah nama yang dipakai Jepang untuk gugus kepulauan yang terletak di Laut China Timur, sekitar 420 km dari Okinawa. Tiongkok yang juga mengklaim kepulauan tersebut menyebutnya sebagai Diayou.

BACA JUGA: Nodai Kuil Jepang, Pria Tiongkok Ditangkap Polisi

Militer dan Polisi Air Jepang telah memperluas posisi mereka di sekitar pulau sengketa. Ini akan menjadi yang pertama kalinya polisi membentuk unit di kawasan tersebut.

Belum ada pejabat Badan Kepolisian Nasional yang bisa dihubungi untuk dimintai keterangan. Namun, sumber NHK menyebutkan, Badan kepolisian Nasional telah meminta 159 petugas tambahan di Okinawa dan Fukuoka guna meningkatkan kemampuan menanggapi situasi di pulau-pulau terpencil. (Asri Mayang Sari/ant/dil/jpnn)

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...