Antisipasi Musim Hujan, Kodim 1013/MTW Membersihkan Sampah di Sungai Barito

Antisipasi Musim Hujan, Kodim 1013/MTW Membersihkan Sampah di Sungai Barito
Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1013/Muara Teweh bersama Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah membersihkan sampah di sepanjang aliran Anak Sungai Barito (Sungai Butong), Jalan Dahlia Keluran Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalteng pada 7 Desember 2023. Foto: Penerangan Kodim 1013/Muara Teweh

jpnn.com, BARITO UTARA - Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1013/Muara Teweh bersama Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar karya bakti pembersihan sampah di saluran air sekitar pemukiman penduduk.

Kegiatan ini berlangsung di sepanjang aliran Anak Sungai Barito (Sungai Butong), Jalan Dahlia Keluran Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalteng pada 7 Desember 2023.

Komandan Kodim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Agussalim Tuo, S.H., M.IP menerangkan  kegiatan pembersihan sampah ini sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) untuk menghadapi musim hujan.

"Saat ini sudah masuk musim hujan dan banyak terjadi banjir. Seluruh Kodim serentak melakukan karya bakti pembersihan aliran sungai dan pemukiman selama sepekan," katanya.

Dalam kegiatan ini, kata Letkol Agussalim Tuo mengerahkan ratusan anggota TNI, terutama untuk dua wilayah yaitu Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Murung Raya.

Selain itu, kegiatan ini juga terlaksana atau dukungan anggota Polres, Pol PP, BPPD, Pemda dan segenap SKPD terkait, serta masyarakat.

"Dari TNI turun 300 personel ditambah unsur lainnya. Jadi, ada ratusan yang bergotong royong,” ujar Dandim.

Di samping melakukan pembersihan, karya bakti TNI ini juga melakukan penanaman pohon di area pinggiran Sungai Barito.

Jajaran Kodim 1013/Muara Teweh bersama Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Barito Utara membersihkan sampah di sepanjang aliran Anak Sungai Barito.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News