Selasa, 24 Oktober 2017 – 05:43 WIB

Antisipasi Pemudik Sakit, Lima Posko Siaga di Pelabuhan dan Bandara

Rabu, 21 Juni 2017 – 03:15 WIB
Antisipasi Pemudik Sakit, Lima Posko Siaga di Pelabuhan dan Bandara - JPNN.COM

jpnn.com, BATAM - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Batam menyiapkan sedikitnya lima pos kesehatan untuk mengantisipasi pemudik yang mengalami masalah kesehatan saat akan berangkat baik melalui bandara maupun pelabuhan.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Batam, Anas Ma'ruf mengatakan lima pos tersebut diantaranya Bandara Internasional Hang Nadim, Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Pelabuhan Punggur, Pelabuhan Batamcenter, dan Pelabuhan Batuampar untuk penumpang kapal Pelni.

"Masing-masing pos ditugaskan enam petugas yang terdiri dari dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya," kata Anas, usai menghadiri pengukuhan forum kesehatan Pelabuhan Internasional Sekupang kepada Batam Pos (Jawa Pos Group), Selasa (20/6).

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan beberapa peralatan medis untuk penyakit yang membutuhkan penanganan cepat seperti penyakit jantung, dan asma. "Di pos sudah ada oksigen, infus dan perlatan untuk penyakit darurat tersebut," ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Anas beberapa pemudik yang sudah ditangani paling banyak mabuk dan pusing. Biasa penyakit orang yang mau mudik," ujar Anas.

Untuk menambah mobilisasi dalam penanganan pasien pihaknya juga menyiapkan satu unit ambulan dimasing- masing posko, hal ini untuk membantu pasien menuju rumas sakit, jika ada yang membutuhkan rujukan.

"Semua sudah siap menghadapi arus mudik, pemudik jangan lupa menjaga kesehatan sebelum mudik," imbaunya.

Pria berkcamata ini mengimbau kepada pemudik untuk memperhatikan kondisi fisik sebelum berangkat, teruta mereka yang menggunakan angkutan laut, karena jaraknya lebih jauh, ditambah lagi tengah menjalnkan ibadah puasa.

SHARES
loading...
loading...
Komentar