Anwar Usman Bakal Jadi Semenda Jokowi, Bang Dasco Merespons Begini

Anwar Usman Bakal Jadi Semenda Jokowi, Bang Dasco Merespons Begini
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Rencana pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan Idayati, adik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi perbincangan dan menimbulkan pro dan kontra. 

Ada yang meminta Anwar Usman mundur dari jabatan hakim maupun ketua MK karena dikhawatirkan terjadi konflik kepentingan. Namun, ada pula yang menyatakan Anwar Usman tidak perlu mundur sebagai hakim maupun ketua MK. 

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengungkap tidak ada aturan yang melarang Ketua MK Anwar Usman memiliki hubungan semenda dengan Presiden Jokowi. 

"Kalau dilihat dari aturan, itu juga tidak ada yang melarang soal itu," kata Dasco ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/3). 

Legislator Fraksi Partai Gerindra itu mengaku tidak pengin terlalu jauh berbicara soal rencana pernikahan Anwar Usman dengan Idayati. Dia menegaskan bahwa DPR tidak akan mencampuri urusan pernikahan Anwar Usman dan adik Jokowi.  

"Saya tidak mau berkomentar lebih jauh tentang hal itu. Saya pikir DPR tidak akan mencampuri ranah tersebut," beber Bang Dasco. 

Dorongan agar Anwar Usman mundur dari jabatan hakim maupun ketua MK menguat menyusul rencananya menikah dengan Idayati. 

Beberapa dorongan datang dari pakar hukum dari Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar hingga Peneliti PUKAT UGM Zaenur Rohman.

Bang Dasco mengungkap tidak ada aturan yang secara implisit melarang Anwar Usman memiliki hubungan semenda dengan Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News