Apa Mungkin Pak Jokowi Jadi Presiden Seumur Hidup? Hmmm...

Apa Mungkin Pak Jokowi Jadi Presiden Seumur Hidup? Hmmm...
Politikus Partai NasDem Johnny G Plate. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Jhonny G Plate menyatakan, kecil kemungkinan Indonesia mengikuti Tiongkok yang mengubah konstitusi yang memungkinkan Xi Jinping menjadi presiden seumur hidup. Sebab, rakyat Indonesia tentu tak mau kembali ke era seperti era Orde Baru.

Menurut Jhonny, kalaupun kelak Joko Widodo terpilih sebagai Presiden RI periode 2019-2014, maka tak akan mungkin bisa mencalonkan diri lagi pada Pemilu 2019. “Kecuali Indonesia mengikuti langkah China (mengamandemen konstitusi, red), tapi rasanya enggak mungkin Indonesia seperti itu," ujar Jhonny pada diskusi bertema Skenario Jokowi 2019: Apa Kriteria Cawapres? yang digelar PARA Syndicate di Jakarta Selatan, Jumat (16/3).

Jhonny meyakini para politikus di Indonesia terutama dari Partai NasDem, lebih menginginkan kepemimpinan berjalan dengan baik dengan memperhatikan alih generasi dan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, hal yang perlu segera dirumuskan adalah kebutuhan negara pada masa mendatang sebelum membicarakan lebih jauh soal figur calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

"Penting diketahui terlebih dahulu manifestasi atau bentuk proyeksi dari kebutuhan pemerintah. Harus tahu kebutuhan negara, dengan demikian dapat dirumuskan sosok pemimpin yang tepat," ucapnya.

Menurut Jhonny, ada banyak variabel yang perlu diperhatikan untuk merumuskan kebutuhan negara pada masa mendatang‎. Mulai perkembangan dunia internasional hingga politik di dalam negeri. 

"Misalnya, ‎evaluasi terhadap pilkada, sekarang sudah ada yang ngomong apa perlu pilkada langsung atau dipilih lewat DPRD. Ini penting karena punya Undang-Undang Otonomi Daerah dan kewenangan besar ada pada kepala daerah," pungkas Jhonny.(gir/jpnn)


Kalaupun kelak Joko Widodo terpilih sebagai Presiden RI periode 2019-2014, maka tak akan mungkin bisa mencalonkan diri lagi pada Pemilu 2019.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News